Home > Apa kata mereka, BRS 500 | PERT, energy, Kesehatan > ternyata sedikitnya empat belas persen warga Jakarta mengalami stres

ternyata sedikitnya empat belas persen warga Jakarta mengalami stres


11/05/2011 03:21 Liputan6.com, Jakarta: Tahukah Anda, ternyata sedikitnya empat belas persen warga Jakarta mengalami stres.

Prosentase ini termasuk tinggi. Rata-rata di Indonesia hanya sekitar 11,6 persen. Penyebab stres warga Jakarta bermacam-macam. Di antaranya, karena kemacetan lalu lintas yang tak kunjung bisa diatasi dan tuntutan bidang pekerjaan yang tinggi.

Menurut dokter ahli jiwa, Suryo Dharmono, gejala-gejala stres mudah dilihat. Seperti contohnya perasaan sedih, murung, tak bersemangat, sulit berkonsentrasi, dan tidak efektif dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jika tingkat stres sudah terlampau tinggi dan tak segera mendapat penanganan yang baik, penderita akan mengalami depresi.

Depresi bisa mengakibatkan orang putus harapan. Pelarian orang yang mengalami depresi, bisa melakukan bunuh diri. Orang yang sedang mengalami depresi jelas tak produktif. Maka di banyak negara dan bahkan di dunia, penderita depresi tergolong sebagai beban terberat ke-4, karena mereka tidak produktif. Dukungan dari keluarga, sangat membantu orang yang sedang mengalami depresi.

Misalnya, menganjurkan untuk rutin berolah raga atau memberikan peneguhan agar penderita selalu berpikir positif. Jadi tak selalu harus mencari bantuan psikiater untuk menangani penderita depresi. (Vin)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: