Home > Uncategorized > Akupunktur Atasi Gangguan Hormonal

Akupunktur Atasi Gangguan Hormonal


PENELITAN terbaru yang digelar Universitas Gothenburg, Swedia, telah mengungkap bahwa akupuktur dan aktivitas fisik mampu meningkatkan kadar hormon dan memperbaiki pola masa haid terutama bagi penderita PCO atau polycystic ovary syndrome.

PCO merupakan kumpulan gejala yang terjadi karena adanya gangguan keseimbangan metabolisme hormon. Gejala-gejala yang muncul biasanya mens tidak teratur, kegemukan terutama di bagian perut, tumbuh jerawat, pertumbuhan rambut yang lebat, dan gangguan tidur. Hormon yang terganggu keseimbangannya biasanya androgens dan estrogen.

Dalam sebuah studi, sekelompok perempuan penderita PCO diminta menjalani pengobatan akupunktur. Kelompok kedua diminta berolahraga minimal tiga kali seminggu, sedangkan kelompok ketiga bertindak sebagai pengontrol. Semua kelompok diberikan informasi mengenai pentingnya olahraga teratur dan diet yang sehat.

“Hasil studi menunjukkan bahwa kedua kelompok yang menjalani akupunktur dan olahraga mengurangi penurunan kadar testosteron. Menstruasi mereka pun lebih teratur. Namun, dari kedua metode itu, akupunktur terbilang paling efektif,” kata Profesor Elisabet Stener-Victorin, penanggung jawab penelitian.

Meskipun PCO merupakan gangguan umum, para peneliti hingga kini belum mengetahui secara persis apa yang menyebabkannya.

“Kami baru saja mendemonstrasikan bahwa perempuan penderita PCO memiliki sistem saraf simpatik yang sangat aktif. Bagian itu tidak dapat dikandalikan sendiri. Akupunktur dan olahraga teratur mampu menurunkan aktivitas sistem ini,” tambahnya seperti dikuti dari Womens Health. Penelitian ini juga telah dipublikasikan dalam American Journal of Physiology-Endocrinology and Metabolism edisi Februari 2011. (Pri/OL-06)

Penulis : Prita Daneswari
mediaindonesia.com
Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: