Home > Apa kata mereka, BRS 500 | PERT, energy, Kesehatan, Technology > Berolahraga di Usia 40

Berolahraga di Usia 40


Cara Sehat Berolahraga di Usia 40

TIDAK semua olahraga bisa kita lakoni tanpa memerhatikan kondisi fisik diri sendiri. Terlebih saat Anda berusia 40 tahun, saat ukuran pembuluh darah sudah mulai mengecil akibat proses alami degeneratif dan karena pola makan.

Semisal pelawak Basuki di akhir 2007 dan Adjie Massaid di akhir pekan kemarin yang meninggal setelah olagraga futsal. Kedua selebritas itu dikenal aktif dan bugar. Ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan hal itu, di antaranya adalah faktor usia. Saat meninggal Basuki berusia 51 tahun dan Adjie berusia 43 tahun.
Namun, bukan berarti itu menjadi alasan Anda tak berolahraga, cukup lalukan olahraga yang memang sesuai untuk usia dan tubuh Anda. Berikut beberapa siasat berolahraga yang cocok bagi Anda yang berusia 40 tahunan seperti dikutip dari eHow.com:

1. Pertama-tama, bentuk pola pikir Anda. Ciptakan motivasi untuk berolahraga. Mulai berkomitmen pada diri sendiri untuk berolahraga guna mendapatkan tubuh yang sehat.

2. Mulai berolahraga dalam intensitas ringan dahulu. Biasakan otot dan sendi Anda untuk terbiasa bergerak secara bertahap.

3. Jangan remehkan pemanasan. Pemanasan sebelum berolahraga sangat penting untuk menghindari berbagai kemungkinan cedera dari pergerakan tubuh Anda.

4. Tak perlu setiap hari berolahraga. Istirahatkan tubuh Anda selama dua hari setelah berolahraga.

5. Seimbangkan tubuh dengan cukup tidur. Otot kita akan tumbuh saat tidur, bukan saat berolahraga. Maka itu, pastikan penuhi kebutuhan tidur Anda sekitar 7 jam per harinya.

6. Rutin minum vitamin. Sebaiknya Anda mulai mengonsumsi vitamin setiap hari, bisa dari suplemen. Faktanya, saat berusia 40 tahun, tubuh memproduksi lebih sedikit testosteron. Maka itu, kita perlu memenuhinya sendiri.

7. Cukupi pula kebutuhan makan Anda. Jika Anda kurang makan, tubuh tak bisa menghasilkan otot.

8. Lakukan latihan kardio beberapa kali seminggu. Banyak manfat dari latihan ini antara lain menguatkan fungsi jantung dan paru-paru. Coba lakukan latihan di atas treadmill dan tambah kecepatannya secara bertahap. Jangan paksakan diri, santai saja. (Pri/OL-06)

Selasa,  08 Februari 2011 14:40 WIB
Cara Sehat Berolahraga di Usia 40
Penulis : Prita Daneswari
mediaindonesia.com
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: