Home > Apa kata mereka, BRS 500 | PERT, energy, Technology > Waspadalah ! Virus Flu Makin Kebal Obat.

Waspadalah ! Virus Flu Makin Kebal Obat.


Lifestyle + / Jumat, 10 Desember 2010 08:07 WIB

STRAIN virus influenza tertentu kini diketahui tengah mengalami peningkatan resistensi terhadap obat dan selain itu juga kian memiliki kemampuan untuk menyebar. Untuk itu, diperlukan kewaspadaan tinggi selama musim penghujan dan musim dingin kali ini yang sangat rentan terinfeksi flu.

Peneliti Amerika dan Kanada memperingatkan resistensi virus flu terhadap dua kelas obat antivirus yang telah disetujui saat ini dapat terjadi dalam beberapa cara dan resistensi ganda ini telah meningkat selama tiga tahun terakhir.

Tim peneliti ini menganalisis 28 virus influenza musiman H1N1 yang ada di lima negara antara 2008-2010 dan diketahui bahwa strain virus influenza tertentu kebal terhadap penghambat M2 (adamantanes) dan penghambat neuraminidase (NAIs), yang mencakup oseltamivir dan zanamivir.

Menurut peneliti, resistensi antivirus tambahan ini dapat dengan cepat berkembang dalam virus influenza yang sebelumnya hanya kebal terhadap satu hal, yaitu melalui mutasi, respons obat, atau bertukar gen dengan virus lain.

Studi ini menemukan bahwa proporsi virus yang diuji terkait resistensi ganda ini meningkat dari 00,6 persen pada 2007-08 menjadi 1,5 persen pada 2008-09 dan 28 persen pada 2009-10.

Temuan ini dipublikasikan secara online pada 7 Desember sebelum terbit dalam edisi cetak 1 Januari di Journal of Infectious Diseases.

“Karena hanya ada dua kelas obat antivirus yang disetujui, pendeteksian virus yang kebal terhadap obat pada kedua kelas ini patut menjadi perhatian,” kata penulis studi, Dr. Larisa Gubareva, dari US Centers for Disease Control and Prevention.

“Jika peredaran virus dengan resistensi ganda menjadi lebih luas di antara virus influenza A, pilihan pengobatan akan sangat terbatas,” tambahnya. “Obat antivirus dan strategi baru untuk pengobatan antivirus kemungkinan besar akan diperlukan di masa depan.”

Dengan hanya dua kelas obat antivirus telah disetujui untuk digunakan di sebagian besar negara, penelitian masa depan harus fokus pada efektivitas zanamivir dan terapi kombinasi antivirus dan pengembangan jenis obat antivirus baru, ujar Dr. Frederick G. Hayden, dari University of Virginia School of Medicine, dan Dr. Menno de Jong D., dari University of Amsterdam di Belanda. (go4/*****) metrotvnews.com

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: