Home > Apa kata mereka > Tidur Nyenyak Bikin Pria Perkasa

Tidur Nyenyak Bikin Pria Perkasa


TEMPO Interaktif, Montreal – Tidur nyenyak bisa meningkatkan keperkasaan pria. Menurut penelitian Zoran Sekerovic, mahasiswa pascasarjana Jurusan Psikologi dari Universitas Montreal, Quebec, Kanada, tidur nyenyak berkaitan dengan kadar testeron. Testosteron adalah hormon steroid yang merupakan hormon utama seks lelaki. Fungsinya antara lain meningkatkan libido, energi, fungsi imun, dan perlindungan terhadap osteoporosis.

Sekerovic, yang mempresentasikan temuannya pada konferensi tahunan Association Prancophone pour le Savoir (ACFAS), menyatakan, pada pria muda, tidur nyenyak mencapai 10 – 20 persen dari tidur total. Pada usia 50 tahun, menurun menjadi 5 – 7 persen. Untuk pria berusia lebih dari 60 tahun, tidur nyenyak bisa lenyap sama sekali.

Menurut peneliti Universitas Montreal ini, kualitas tidur pria mulai berkurang saat usia 40 tahun. “Pada usia 30 tahun, kadar testosteron turun 1- 2 persen per tahun,” kata dia seperti dikutip dari lama Sciencedaily. “Tidur nyenyak merupakan penyembuhan tubuh dan pikiran yang optimal,” kata Sekerovic, seraya menambahkan bahwa ini adalah studi pertama untuk penemuan ini.

Pada pria umur 20 tahunan, kaitan tidur nyenyak dan kadar testosteron ini tak ditemukan. Pasalnya, pria usia 20 tahunan memiliki sirkuit saraf yang masih utuh, yang berguna untuk sinkronisasi saraf. “Tidur nyenyak butuh sinkronisasi saraf. Rendahnya testosteron menandakan minimnya sinkronisasi. Ini menjelaskan kenapa pria paruh baya susah tidur nyenyak,” kata dia. Sekerovic menunjukkan kurangnya kadar testosteron merupakan dampak tak bisa tidur nyenyak, bukan sebaliknya.

Nur Rochmi | Sciencedaily
Senin, 17 Mei 2010 | 18:31 WIB

Categories: Apa kata mereka
  1. 22/08/2010 at 7:36 am

    Yeah, saya sependapat dengan penelitian ini.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: